Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bekas Oli di Body Motor

Cara Menghilangkan Bekas Oli di Body Motor

Hai temanku, selamat datang di Macam Cara, pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Cara Menghilangkan Bekas Oli di Body Motor. Postingan ini sangat tepat bagi kamu yang sedang mencari solusi terhadap masalah tersebut. Silahkan baca sampai selesai, agar tidak salah paham. 

Kotoran oli pada body motor memang sangat mengganggu, lantaran akan mengurangi keindahan tampilan pada kendaraan kesayangan kita. Karena itu tentu penting bagi kita untuk mengetahui cara membersihkan kotoran oli pada body motor ataupun cara membersihkan rembesan oli mesin mobil. 

Cara membersihkan bekas oli memang agak sedikit ribet, karena Kotoran oli ini sangat susah untuk dibersihkan lantaran bahan dasar oli itu berupa minyak. Kotoran tersebut biasanya terdapat pada bagian dekat mesin dan rantai. 

Tapi jangan khawatir, kali ini kita akan bahas cara menghilangkan oli pada besi dan bagian lain yang terdapat pada kendaraan Anda. Sebenarnya ada banyak cara untuk membersihkan kotoran oli, bisa pakai sabun, pakai bensin atau pakai solar. Cuma apabila kita mebersihkan dengan salah satu bahan diatas akan memerlukan waktu lebih lama.  

Berikut ini merupakan salah satu cara menghilangkan kotoran oli pada kendaraan sepeda motor dan mobil yang baik dan benar. 

Cara Menghilangkan Bekas Oli di Body Motor

Pertama kita siapkan alat dan bahan yang akan kita gunakan untuk membersihkan oli ini, alat dan bahanya murah dan mudah di dapat. 

Alat dan Bahan Hilangkan Oli Bekas di Body Motor :

  • Kuas atau sikat gigi bekas. 
  • Bensin 
  • Sabun 
  • Air Panas 

Langkah-langkahnya Hilangkan Oli Bekas di Body Motor :

  1. Campurkan ketiga bahan yaitu air panas, bensin dan sabun. Pada saat mencampur bahan harap hati-hati karena akan berbuih. Kita harus menggunakan tempat mencampur yang agak besar biar pada saat berbuih tidak luber. 
  2. Setelah tercampur langsung kita gosokan ke bagian kotoran oli, gosok secara perlahan agar bersih.  
  3. Setelah itu langsung siram air, jangan dibiarkan terlalu lama agar tidak menimbulkan noda putih. 

Selain itu, membersihkan bekas oli pada body kendaraan sama dengan membersihkan Aspal yang menempel pada body mobil atau motor. Karena itu, berikut ini beberapa alternatif lain yang bisa digunakan untuk cara membersihkan kerak pada mesin mobil  dan cara menghilangkan bekas cover mobil atau kendaraan kita. 

Saat Anda membersihkan kendaraan pastinya akan kesal saat melihat banyak noda hitam menempel pada body mobil. Ini biasanya terjadi pada bagian bawah atau samping mobil. 

Penyebabnya banyak, mulai dari cipratan oli (pelumas) hingga aspal jalan yang mengelupas. Jika dibiarkan lama noda-noda hitam tersebut akan sulit dibersihkan 

Bagaimana cara membersihkanya? Noda aspal yang menempel biasanya sulit dibersihkan dengan cara mencuci konvensional. Dilansir dari laman Auto2000, berikut cara menghilangkan noda hitam pada body mobil : 

cara menghilangkan noda hitam pada body mobil

1. Cuci gunakan sabun

Step pertama yang dilakukan adalah dengan cara mencuci bersih body kendaraan secara menyeluruh menggunakan sabun. Jangan asal memilih sabun, gunakan sabun khusus yang direkomendasi pabrikan supaya kotoran dapat mudah terangkat tanpa merusak cat mobil. Setelah itu keringkan. 


2.  Gunakan cairan yang mengandung penetran 

Step kedua semprotkan cairan pelumas khusus pada body yang terdapat noda aspal. Gunakan carian mengandung penetren yang berfungsi melumasi, menghilangkan karat dan menghilangkan noda aspal pada body mobil Anda. 


3. Gosok noda dengan microfiber 

Step ketiga, lakukan cara kedua berulang. Untuk hasil maksimal bersihkan noda aspal dengan kain microfiber yang lembut. Gosokan secara perlahan. 

Hindari menekan atau mengcongkel noda aspal dengan kuku. Alih-alih  lebih mudah membersihkan, yang terjadi dapat membuat cat terkelupas dan bared sehingga merusak penampilan kendaraan Anda. 


4. Gunakan Tar Remover 

Tahapan terakhir bersihkan body mobil menggunakan Tar Remover. Ini merupakan cairan khusus yang berfungsi menghilangkan noda membandel, seperti kotoran burung, getah pohon, noda oli, lem bekas stiker dan noda aspal.  

Caa penggunaannya cukup semprotkan Tar Remover ke noda yang sulit dibersihkan, lalu gosok menggunakan kain lembut. Setelah noda hilang dan cat kembali mengilap Anda bisa mencuci menggunakan sabun khusus mobil.  

Ini penting untuk menghilangkan senyawa keras yang terdapat pada tar remover dan membantu mengkilapkan kembali body mobil Anda.

Demikianlah yang dapat kami ulas tentang Cara Menghilangkan Bekas Oli di Body Motor, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika memang artikel ini berguna menurut teman - teman, silahkan Share postingan ini ke seluruh Jejaring Media Sosial agar teman kita yang lain mengetahuinya. Terima Kasih telah berkunjung ke macamcara.com dan Sukses Selalu untuk kita semua. !

Penelusuran terkait :

  • cara menghilangkan bekas oli di body motor
  • cara membersihkan rembesan oli mesin mobil
  • cara membersihkan bekas oli
  • cara menghilangkan oli pada besi
  • oli untuk membersihkan mesin motor
  • membersihkan blok mesin dengan solar
  • cara menghilangkan bekas cover mobil
  • cara membersihkan kerak pada mesin mobil

Diah Nuriza
Diah Nuriza Freelance Content Writer yang menyukai berbagai topik yang perlu diketahui oleh Ummat Manusia.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bekas Oli di Body Motor"