Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Device Manager di Semua Jenis Windows

Cara Membuka Device Manager di Semua Jenis Windows

Perlu diketahui bahwa Device Manager adalah fitur Windows yang dirancang untuk menangani konfigurasi perangkat keras. Berupa informasi dari id driver perangkat lunak atau perangkat keras itu sendiri. Device Manager merupakan utilitas penting yang membantu Anda mengonfigurasi atau memecahkan masalah perangkat keras pada PC Anda. 

Seperti namanya, Device Manager memungkinkan Anda untuk mengontrol perangkat Anda. Saat Anda mengalami masalah perangkat keras, Anda dapat dengan cepat meluncurkan pengelola perangkat, mengidentifikasi masalah, dan menemukan solusinya. Kadang - kadang Anda mungkin harus memperbarui driver, kadang-kadang Anda mungkin harus menginstal ulang driver, kadang-kadang Anda mungkin harus menonaktifkannya dan dalam hal apa pun, manajer perangkat akan membuat Anda sakit kepala ketika Anda menjalankannya dan akan memberi Anda antarmuka pengguna yang baik dan antarmuka pengguna yang baik

Sangat mungkin bahwa Anda mungkin diminta untuk membuka Pengelola Perangkat beberapa kali untuk waktu yang singkat. Dalam hal ini, sangat penting bagi anda untuk menemukan cara yang paling cocok untuk membuka Pengelola Perangkat dengan cepat, karena Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu hanya dengan membuka Komponen Windows.

Berikut ini beberapa cara membuka Device Manager di berbagai Jenis Windows yang kalian gunakan. Walaupun ini bukan satu-satunya cara untuk melakukannya, tetapi salah satu dari cara ini mungkin berguna untuk kita semua.

Cara Membuka Device Manager

1. Cara Membuka Device Manager Windows 7

Pada Windows 7, untuk membuka Device Manager bisa dilakukan dengan beberapa cara. Tetapi yang lebih mudah dan efektif menurut kami adalah dengan menggunakan Fitur Pencarian Menu pada tombol Start. 

Cara melakukannya adalah sebagai berikut :
  • Klik tombol Start atau tekan Tombol Windows pada Keyboard, sehingga akan muncul seperti gambar : 

    Membuka Device Manager pada Windows 7



  • Kemudian ketikkan Device Manager pada field Search Program and File, seperti pada gambar berikut :

    Membuka Device Manager pada Windows 7




  • Kemudian pilih Menu Device Manager yang muncul pada hasil pencarian dan dialog Device Manager Windows 7 akan tampil di layar monitor anda. Contohnya adalah seperti pada gambar berikut ini :

    Membuka Device Manager pada Windows 7



2. Cara Membuka Device Manager Windows 10

Membuka Device Manager di Windows 10 juga bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa juga dengan menggunakan seperti cara membuka device manager windows 7 di atas. 

Tetapi, kali ini kita akan mencoba dengan fitur Run pada windows untuk Membuka Device Manager di Windows 10. berikut langkah - langkahnya :
  • Tekan tombol Windows + R pada Keyboard Laptop atau PC anda untuk memunculkan Dialog Run Windows 10. 
  • Setelah itu ketikkan "devmgmt.msc" pada Field Dialog Run yang muncul;
  • Kemudian tekan Enter pada Keyboard, maka Menu Device Manager Windows 10 akan muncul di layar monitor anda. Untuk contohnya, adalah seperti pada gambar berikut ini :

    Membuka Device Manager pada Windows 10


3. Cara Membuka Device Manager Windows 11

Untuk membuka device manager pada windows 11 banyak cara yang bisa digunakan. Bisa dengan menggunakan kedua cara diatas atau menggunakan berbagai cara lain untuk mengakses Device Manager Windows 11. 

Tetapi, pada postingan ini kita akan melakukan cara membuka device manager windows 11 dengan cara yang hanya terdapat pada windows 11 itu sendiri tidak pada jenis OS Windows yang Lain. Berikut caranya :
  • Arahkan kursor anda pada Tombol Start di Windows 11
  • Kemudian Klik Kanan pada Tombol Start sehingga muncul Dropdown Menu yang bisa dipilih.
  • Karena kita ingin membuka Device Manager, maka pilih Device Manager dan secara otomatis Form Dialog Device Manager Windows 11 akan muncul ke layar monitor anda. Sebagai contoh, anda bisa lihat pada gambar berikut ini :

    Membuka Device Manager pada Windows 11

    Demikianlah postingan kali ini tentang Cara Membuka Device Manager di Semua Jenis Windows, semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuka Device Manager di Semua Jenis Windows"